Beberapa peralatan dasar yang perlu


--> -->Peralatan Dasar
Beberapa peralatan dasar yang perlu di siapkan dalam pembuatan film animasi kartun adalah sebagai berikut:
Meja Monting / Meja Tracer
Meja ini sangat popular di kalangan animator di Indonesia. Selain memudahkan bagi pemakainya, meja ini juga sangat simple dan bisa di bawa kemana-mana. Biasanya terbaut dari bahan kayu atau alumunium.
Ada juga jenis yang kedua yaitu Drawing Table / Lightboxes. Meja ini dilengkapi Peg bar dengan tipe lubang acme. Keunggulan meja ini bisa diputar sesuai keinginan animator.
Lampu yang digunakan pada kedua meja ini usahakan lampu yang tahan panas dan hemat energy. Pilih lampu yang tidak terlalu terang agar mata tidak cepat lelah.
Kursi Putar / Decent Chair
Pilih kursi yang nyaman dipakai, tujuannya adalah pergerakan tubuh animator saat menggambar tidak terbatasi oleh keadaan kursi yang tidak nyaman digunakan. Biasanya dipakai kursi putar yang biasa di pakai dikantor-kantor karena jenis kursi ini cukup nyaman digunakan.
Cermin / Mirror
Tidak terlalu urgen tetapi cermin juga bisa dipakai untuk panduan expresi. Ketika animator butuh referensi expresi untuk sebuah adegan yang dibuat, bisa melihat cermin bagaimana expresi wajah animator itu sendiri dituangkan kedalam karakter kartun yang sedang di buat.
Kertas / Paper
Kertas digunakan untuk media gambar. Ukuran kertas biasanya disesuaikan dengan skala movie yang akan di gunakan misalnya skala 4:3 atau 16:9. Penulis sering menemukan juga ukuran yang dipakai untuk skala 4:3 digunakan kerta ukuran F4 atau Letter lalu di potong menjadi dua bagian.
Pensil / Pencil dan Penghapus
Beberapa jenis pensil bisa dipersiapkan sesuai kebutuhan. Perbedaan pensil dan warnanya bisa difungsikan sebagai berikut:
Pensil kayu warna biru
Biasanya dipergunakan untuk gambar sket, layout animasi dan background artist.
Pensil kayu warna merah
Dipergunakan seorang key animasi, agar nantinya gambar layout dan key animasi bisa terlihat berbeda. Ini tentu memudahkan bagi seorang animator untuk mengkroscek kesalahan atau kekurangan gambar yang akan dibuat.
Pensil mekanik / Mechanical Pencil
Pensil jenis ini banyak dipergunakan belakangan ini karena memberikan kemudahan dan praktis dalam penggunaannya. Pensil kayu atau pensil mekanik biasanya memakai ukuran 2B. Dan penghapus tentu harus disertakan, gunakan penghapus yang tidak menimbulkan efek hitam pada kertas.
Pelubang Kertas / Peghole
alat ini berfungsi untuk melubangi kerta yang nantinya di tempatkan pada Pegbar. Standar yang biasa digunakan yaitu dengan lubang acme atau tiga lubang.
Pegbar
Alat ini untuk membantu menyusun kertas agar tetap presisi dan gambar animasi yang dibuat terjaga kontinuitasnya. Selain alat diatas bisa juga digunakan penjepit kertas / klip yang lain fungsinya sama agar kerta yang telah disusun tidak berubah posisinya.

Share on Google Plus

About Rakha Wahyu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

Anonim mengatakan...

maaf, kami dari SMK N 5 Yogyakarta jurusan Animasi. kami mau bertanya, kalau saja kami mau praktek kerja lapangan di studio anda. bisa apa tidak? kira-kira kalau bisa kami minta nomor yang bisa dihubungi. terimakasih