Niskala Wastu The Movie


Prabu Majapahit  Sri Rajasanagara berniat mempersunting Dyah Pitaloka putri sang Prabu Maharaja Sunda. Keinginan Prabu Hayam Wuruk ini disambut baik oleh Prabu  Linggabuana . Berangkatlah rombongan kerajaan Sunda dipimpin langsung oleh Maharaja beserta kurang dari tigaratus pengiring.  Kemudian  berkemah di alun-alun Bubat yang terletak di sebelah utara ibukota Majapahit.
Sesungguhnya, kesepakatan kedua kerajaan besar itu bahwa Dyah Pitaloka akan di peristri (resmi) oleh Prabu Majapahit. Entah kenapa perjanjian itu berubah, puteri mahkota Sunda harus diserahkan sebagai istri persembahan kepada Prabu Majapahit.
“ walau pun darah akan mengalir bagaikan sungai di medan Bubat ini, namun kehormatanku dan semua kesatria Sunda tidak akan membiarkan penghianatan terhadap negara dan rakyatku. Karena itu janganlah kalian bimbang !” pesan maha Prabu Sunda.  Maha  patih Gajahmada memimpin langsung pasukan perang Majapahit. Semua   orang Sunda gugur di medan  Bubat, tak kuasa membendung ribuan tentara Majapahit. Termasuk sang putri  Dyah Pitaloka yang melakukan mati-bela.
Share on Google Plus

About Rakha Wahyu

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

Rakha Wahyu mengatakan...

satu langkah lagi menuju maha karya